UJI kompetensi Guru atau yang lebih di kenal dengan ukg sering kembuat para guru cemas. bahkan ada beberapa yang stress ...
sama seperti ujian kebanyakan, ujian ukg juga membutuhkan persiapan...
persiapan dalam bentuk latihan soal adalah cara ampuh untuk bisa mendapatkan nilai yang maksimal
di bawah ini ada beberapa soal untuk latihan UKG untuk guru kelas
, selamat berlatih..
sama seperti ujian kebanyakan, ujian ukg juga membutuhkan persiapan...
persiapan dalam bentuk latihan soal adalah cara ampuh untuk bisa mendapatkan nilai yang maksimal
di bawah ini ada beberapa soal untuk latihan UKG untuk guru kelas
, selamat berlatih..
Q.1)
|
Proses
komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan
pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang
sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . .
.
|
A.
|
Heterofil
|
B.
|
Homofil
|
C.
|
Holomofil
|
D.
|
Homogen
|
Q.2)
|
Inovasi
merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada
sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan.
Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
|
A.
|
Santosa
S. Hamidjaja
|
B.
|
Mattew
B. Milers
|
C.
|
Sumantri
Mulyani
|
D.
|
Rabbin
|
Q.3)
|
Mencari
penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
|
A.
|
Bujukan
(persuasion)
|
B.
|
Konfirmasi
(confirmation)
|
C.
|
Implementasi
(implementation)
|
D.
|
Pengembalian
keputusan (decision making)
|
Q.4)
|
Salah
satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai
komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan
tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
|
A.
|
Addition
|
B.
|
Restructuring
|
C.
|
Alternation
|
D.
|
Substitution
|
Q.5)
|
Tahap
pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak
menyenangi terhadap inovasi dikategorikan .................................
|
A.
|
Tahap
pengetahuan (kowledge)
|
B.
|
Tahap
bujukan (persuasion)
|
C.
|
Tahap
pengembalian keputusan (decision making)
|
D.
|
Tahap
implementasi (implementation)
|
Q.6)
|
Pernyataan
di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
|
A.
|
menunjukkan
variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
|
B.
|
memiliki
keterampilan fisik untuk memainkan permainan
|
C.
|
penambahan-penambahan
dalam kemampuan motorik halus
|
D.
|
memiliki
kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
|
Q.7)
|
Kreativitas
merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang
artinya kemampuan untuk ….
|
A.
|
memecahkan
masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain |
B.
|
penalaran
yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan |
C.
|
berfikir
tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan |
D.
|
mengembangkan
ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang |
Q.8)
|
Pernyataan
di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
ditinjau dari aspek sosial adalah....
|
A.
|
mulai
menyukai teman sebaya sesama jenis
|
B.
|
berperan
serta dalam permainan logika
|
C.
|
menyukai
teman sebaya lawan jenis
|
D.
|
dapat
bekerja dalam durasi waktu yang lama
|
Q.9)
|
Pernyataan
di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
|
A.
|
kesulitan
memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan
sampai akhir |
B.
|
menampakkan
marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
|
C.
|
mulai
muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
|
D.
|
mulai
muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
|
Q.10)
|
Perkembangan
perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan
moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral,
seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
|
A.
|
coba-ralat
(trial and error)
|
B.
|
pendidikan
langsung,
|
C.
|
identifikasi
|
D.
|
observasi
|
Q.11)
|
Pada
anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan
tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
|
A.
|
sosial
|
B.
|
moral
|
C.
|
intelektual
|
D.
|
emosional
|
Q.12)
|
Pada
mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat
teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap
….
|
A.
|
masalah
sosial
|
B.
|
bidang
olahraga
|
C.
|
tubuh
manusia
|
D.
|
kesehatan
manusia
|
Q.13)
|
Dalam
proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi
pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar
pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa
terhadap ….
|
A.
|
kesehatan
|
B.
|
status
|
C.
|
penampilan
|
D.
|
pekerjaan
|
Q.14)
|
Ketika
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias
memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah
menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat
mengindentifikasi minat siswa terhadap….
|
A.
|
penampilan
|
B.
|
pekerjaan
|
C.
|
sekolah
|
D.
|
status
|
Q.15)
|
Dalam
proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan
sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan
mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi
minat siswa terhadap …
|
A.
|
seks
|
B.
|
penampilan
|
C.
|
kesehatan
|
D.
|
pekerjaan
|
Q.16)
|
Minat
siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat
terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
|
A.
|
nama-nama
keluarga
|
B.
|
penampilan
diri
|
C.
|
ikatan
kekerabatan
|
D.
|
jenis
pekerjaan orang tua
|
Q.17)
|
Dalam
proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi
dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi
prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
|
A.
|
mengenal
pentingnya tata tertib di mayarakat
|
B.
|
melaksanakan
hidup rukun di masyarakat
|
C.
|
mengenal
lingkungan rumah dan sekolah
|
D.
|
mengikuti
tata tertib di rumah dan sekolah
|
Q.18)
|
Untuk
membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/
prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membagi
|
B.
|
menjumlah
|
C.
|
mengurang
|
D.
|
menghitung
|
Q.19)
|
Untuk
membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan bendabenda di sekitar dan
fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ prasyarat
yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membuat
karangan deskriptif
|
B.
|
melengkapi
kalimat belum selesai
|
C.
|
menyusun
kalimat sederhana
|
D.
|
membaca
kalimat sederhana
|
Q.20)
|
Kemampuan
awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi
dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara
tetangga’, adalah ….
|
A.
|
mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
|
B.
|
mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
|
C.
|
mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
|
D.
|
mendeskripsikan
gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
|
Q.21)
|
Pemahaman
simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang sering muncul pada siswa.
Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….
|
A.
|
4 + 3
= …..
|
B.
|
9 - 6
= …..
|
C.
|
8 - …
= ….
|
D.
|
5 + 4
= ….
|
Q.22)
|
Berikut
ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami
siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
|
A.
|
adanya
gangguan hubungan keruangan
|
B.
|
kesulitan
dalam bahasa dan membaca
|
C.
|
gangguan
mengenal dan memahami simbol
|
D.
|
performance
IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
|
Q.23)
|
Perhatikan
soal-soal di bawah ini.
75
68
27
13 _____ _ _____ + 58
71 Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering
dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
|
A.
|
proses
penghitungan
|
B.
|
memahami
simbol
|
C.
|
nilai
tempat
|
D.
|
bahasa
dan membaca
|
Q.24)
|
Berikut
ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya
kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
|
A.
|
suara
|
B.
|
kosakata
|
C.
|
artikulasi
|
D.
|
kelancaran
|
Q.25)
|
Salah
satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan
kognitif adalah ….
|
A.
|
menangkap
makna secara penuh
|
B.
|
mengingat
kembali kata-kata
|
C.
|
membandingkan
informasi yang diterima
|
D.
|
merumuskan
alternatif pemecahan masalah
|
Q.26)
|
Pembelajaran
Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan
karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah ….
|
A.
|
Membangkitkan
minat siswa.
|
B.
|
Merangsang
siswa lebih aktif belajar.
|
C.
|
Memberi
kesempatan siswa berkreasi.
|
D.
|
Membiasakan
siswa belajar sesuai dengan lingkungan.
|
Q.27)
|
Kompetensi
yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun
2007 adalah kompetensi …..
|
A.
|
Kepribadian,
pedagogik, professional, dan manajerial.
|
B.
|
Kepribadian,
pedagogik, professional, dan social.
|
C.
|
Kepribadian,
pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
|
D.
|
Pedagogik,
professional, manajeria, dan sosial.
|
Q.28)
|
Setiap
guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan
amanah dari Permendiknas …..
|
A.
|
Nomor
22 tahun 2006 tentang Standar Isi
|
B.
|
Nomor
23 tahun 2006 tentang SKL
|
C.
|
Nomor
41 tahun 2007 tentang Standar Proses
|
D.
|
Nomor
20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
|
Q.29)
|
Standar
nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan,
kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisien dan
efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut ….
|
A.
|
Standar
Proses.
|
B.
|
Standar
Kompetensi Lulusan.
|
C.
|
Standar
Sarana dan Prasarana.
|
D.
|
Standar
Pengelolaan.
|
Q.30)
|
Sejumlah
kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu
sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
|
A.
|
Standar
Kompetensi
|
B.
|
Kompetensi
Dasar
|
C.
|
Kompetensi
Dasar Mata Pelajaran
|
D.
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Q.31)
|
Panjang
sebuah kawat tembaga 56 cm dan panjang sebatang kawat besi 104 cm. Jika kedua
kawat itu harus dipotong sama panjang dengan panjang maksimum, dari kedua
kawat itu akan diperoleh
|
A.
|
8
batang kawat tembaga dan 8 kawat besi
|
B.
|
7
batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
|
C.
|
13
batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
|
D.
|
14
batang kawat tembaga dan 26 kawat besi
|
Q.32)
|
Sebuah
gedung yang tingginya 30 meter tampak pada layar televisi tingginya 10 cm,
maka skalanya adalah ....
|
A.
|
1:
200
|
B.
|
1:
300
|
C.
|
1:
400
|
D.
|
1:
500
|
Q.33)
|
Hasil
dari ( –16 x 3 ) + (–20 : 5 ) adalah ....
|
||||||
A.
|
- 52
|
||||||
B.
|
- 44
|
||||||
C.
|
44
|
||||||
D.
|
52
|
||||||
Q.34)
|
Luas
daerah segitiga sama kaki 240 cm2 dan panjang alasnya 20
cm. Keliling segitiga adalah ...
|
||||||
A.
|
68
|
||||||
B.
|
70
|
||||||
C.
|
72
|
||||||
D.
|
78
|
||||||
Q.35)
|
Susi
dan Indri berlatih menari di tempat yang sama. Susi berangkat setiap 3 hari
sekali dan Indri berangkat setiap 4 hari sekali. Pada tanggal 5 April
keduanya berangkat bersama-sama. Keduanya berangkat bersama-sama lagi
pada tanggal … .
|
A.
|
16
April
|
B.
|
17
April
|
C.
|
18
April
|
D.
|
19 April
|
Q.36)
|
KPK
dan FPB dari 32,48 dan 54 adalah ...
|
A.
|
864
dan 2
|
B.
|
918
dan 2
|
C.
|
864
dan 6
|
D.
|
918
dan 6
|
Q.37)
|
Himpunan
semesta yang tepat dari P = {3, 5, 7, 9, 11, 13} adalah ... .
|
A.
|
Himpunan
bilangan ganjil kurang dari 15
|
B.
|
Himpunan
bilangan Prima kurang dari 15
|
C.
|
Himpunan
bilangan kelipatan 2 kurang dari 15
|
D.
|
Himpunan
bilangan tidak habis dibagi 2
|
Q.38)
|
Sumbu
simetri lipat pada segilima beraturan adalah ....
|
||
A.
|
4
|
||
B.
|
8
|
||
C.
|
5
|
||
D.
|
10
|
||
Q.39)
|
Jumlah
bilangan prima dari bilangan antara 25 s/d 50 adalah …
|
||||
A.
|
71
|
||||
B.
|
72
|
||||
C.
|
156
|
||||
D.
|
187
|
||||
Q.40)
|
FPB
dari bilangan , 120, 160 dan 200 adalah ....
|
||||
A.
|
40
|
||||
B.
|
80
|
||||
C.
|
60
|
||||
D.
|
90
|
||||
Q.41)
|
Hasil
dari 63 x 33 adalah ....
|
A.
|
2.079
|
B.
|
3.888
|
C.
|
3.777
|
D.
|
3.666
|
Q.42)
|
Sebuah
kubus panjang rusuk 1 sisinya 7 dm, maka volume kubus tersebut adalah
...
|
A.
|
323
dm3
|
B.
|
343
dm3
|
C.
|
333
dm3
|
D.
|
363
cm3
|
Q.43)
|
KPK
dari bilangan 12 dan 18 adalah ....
|
||||
A.
|
12
|
||||
B.
|
36
|
||||
C.
|
18
|
||||
D.
|
216
|
||||
Q.44)
|
Bentuk
persen dari 2/5 adalah .........
|
A.
|
50%
|
B.
|
10%
|
C.
|
40%
|
D.
|
20%
|
Q.45)
|
Lambang
Pecahan desimal dari 3/8 adalah ...
|
A.
|
6,25
|
B.
|
0,375
|
C.
|
37,5
|
D.
|
0,0625
|
Q.46)
|
Menurut
bentuknya, magnet buatan diberi nama - nama sebagai berikut, kecuali . . . .
|
A.
|
magnet
U
|
B.
|
magnet
batang
|
C.
|
magnet
tesla
|
D.
|
magnet
ladam
|
Q.47)
|
Lebah
mendapatkan madu, dan bunga terjadi penyerbukan. Kerjasama seperti ini
disebut . . . .
|
A.
|
simbiosis
mutualisme
|
B.
|
simbiosis
komensalisme
|
C.
|
simbiosis
parasitisme
|
D.
|
simbiosis
sarkasme
|
Q.48)
|
Ujung
jarum yang selalu menunjukkan arah utara biasanya diberi warna . . . .
|
A.
|
merah
atau hitam
|
B.
|
hijau
atau merah
|
C.
|
merah
atau putih
|
D.
|
hitam
atau hijau
|
Q.49)
|
Binatang
bersel satu = . . . .
|
A.
|
aves
|
B.
|
reptilia
|
C.
|
mamalia
|
D.
|
amuba
|
Q.50)
|
Binatang
menyusui = . . . .
|
A.
|
aves
|
B.
|
reptilia
|
C.
|
mamalia
|
D.
|
dekapoda
|
Q.51)
|
Ayam,
merak dan burung = . . . .
|
A.
|
aves
|
B.
|
reptilia
|
C.
|
mamalia
|
D.
|
dekapoda
|
Q.52)
|
Nyamuk,
belalang dan lebah = . . . .
|
A.
|
aves
|
B.
|
reptilia
|
C.
|
mamalia
|
D.
|
serangga
|
Q.53)
|
Hewan
berkaki sepuluh = . . . .
|
A.
|
aves
|
B.
|
reptilia
|
C.
|
mamalia
|
D.
|
dekapoda
|
Q.54)
|
Salah
satu sifat air yang ditunjukkan gambar dibawah ini adalah …
|
A.
|
permukaan
yang tenang selalu mendatar
|
B.
|
bentuknya
sesuai dengan wadanya
|
C.
|
dapat
meresap melalui celah-celah kecil
|
D.
|
memberikan
tekanan di semua arah
|
Q.55)
|
Air
PAM digunakan untuk ......
|
A.
|
keperluan
rumah tangga
|
B.
|
pengairan
lahan pertanian
|
C.
|
pengolahan
hasil hutan
|
D.
|
pemeliharaan
ikan
|
Q.56)
|
Bagian
Tanah pada gambar dibawah ini yang banyak mengandung humus adalah
....
|
A.
|
bagian
E
|
B.
|
bagian
F
|
C.
|
bagian
G
|
D.
|
bagian
H
|
Q.57)
|
Batu
apung digunakan untuk keperluan ....
|
A.
|
pengasah
kayu supaya halus
|
B.
|
mengasah
pisau agar tajam
|
C.
|
bahan
pengeras jalan
|
D.
|
dinding
dan lantai rumah
|
Q.58)
|
Batu
bara dapat digunakan sebagai bahan pembuat …
|
A.
|
aspal
dan lem
|
B.
|
solar
dan pelumas
|
C.
|
nilon
dan kokas
|
D.
|
oil
dan solar
|
Q.59)
|
Bacalah
laporan hasil pengamatan berikut! Objek pengamatan: Kerbau Tempat : Di
kandang kerbau Pak Sanif, Desa Mekarwangi Waktu : Pukul
14.00−15.30 Tanggal 21 Januari 2006 Hasil-hasil Pengamatan Gerakan
kerbau sangat lamban. Namun, hewan ini adalah pekerja yang ulet. Ia sanggup
bekerja seharian penuh membajak sawah. Kerbau merupakan binatang kandang yang
terbesar. Ia punya tanduk panjang dan kuku yang kuat. Namun, ia tidak galak.
Ia senang bersahabat kepada seorang bocah sekalipun. Kerbau juga sangat setia
kepada majikannya. Jarang sekali ia mengamuk ataupun berontak. Kerbau biasa
hidup tertib. Ia pun tidak senang mengembara jauh dari kandangnya. Karena
itu, para penggembalanya dapat asyik tidur-tiduran tanpa rasa takut
kehilangan. (Dikutip dari Intisari Bahasa Indonesia, Penerbit Pustaka Setia) Topik
laporan hasil pengamatan tersebut adalah ….
|
A.
|
makanan
kesukaan kerbau
|
B.
|
ukuran
tubuh kerbau
|
C.
|
tingkah
laku kerbau
|
D.
|
tugas-tugas
kerbau
|
Q.60)
|
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul
sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari
ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya
sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang
penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu
membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI
SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain
sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba
yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak
tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat.
Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah
mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja
diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang
sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya
kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa
menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap
tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya
anak-anak. Di tingkat mana Sony berhasil menjadi juara lomba menulis
puisi anak?
|
A.
|
provinsi
|
B.
|
kecamatan
|
C.
|
kabupaten
|
D.
|
Kelurahan
|
Q.61)
|
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul
sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari
ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya
sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang
penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu
membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI
SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain
sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba
yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak
tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat.
Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah
mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja
diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang
sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya
kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa
menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap
tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya
anak-anak. Mengapa karya-karya ayah Sony digemari banyak orang?
|
A.
|
Karena
ayah Sony baik hati dan senang menolong orang.
|
B.
|
Karena
karya-karya ayah Sony berisi cerita petualangan.
|
C.
|
Karena
tulisan ayah Sony dinilai dapat membahagiakan hati.
|
D.
|
Karena
ayah Sony terkenal sebagai seorang penulis yang hebat.
|
Q.62)
|
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul
sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari
ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya
sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang
penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu
membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI
SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain
sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba
yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak
tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat.
Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah
mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali
oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat
berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan
yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi
seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya
bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Kesimpulan isi
bacaan tersebut adalah …
|
A.
|
Setiap
orang memiliki bakat terpendam yang hebat.
|
B.
|
Prestasi
dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan kemauan kuat.
|
C.
|
Dorongan
orang tua sangat penting agar anak menjadi pintar.
|
D.
|
Kebahagiaan
bisa dicapai dengan tekun menulis cerita.
|
Q.63)
|
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul
sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari
ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya
sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang
penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu
membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI
SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain
sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba
yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak
tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat.
Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah
mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja
diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang
sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya
kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa
menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap
tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya
anak-anak. Apa yang menjadi harapan Sony di masa depan?
|
A.
|
menerbitkan
banyak buku
|
B.
|
menjadi
juara di setiap lomba
|
C.
|
menjadi
seorang penulis terkenal
|
D.
|
menulis
puisi yang bagus-bagus
|
Q.64)
|
Alkisah,
ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang
ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya
laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan
Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya
lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil,
Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan
mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi
pemuda yang baik dan santun budi pekertinya. Kemarau terus melanda Kerajaan
Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya hujan. Kerajaan Linggar kekeringan.
Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar terkena hukuman karena keserakahan
Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang menebang pohon di hutan Randualas, yaitu
hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang
berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut
karena keduanya putra kesayangan ratu. (Dikutip dari Cermat Berbahasa,
Penerbit Tiga Serangkai) Berdasarkan kutipan dongeng tersebut, perbedaan
watak Pangeran Seta dan Pangeran Rasi adalah ......
|
A.
|
Pangeran
Seta bersifat bijaksana, sedangkan Pangeran Rasi rendah hati.
|
B.
|
Pangeran
Seta bersifat serakah, sedangkan Pangeran Rasi baik hati.
|
C.
|
Pangeran
Seta bersifat kasar, sedangkan Pangeran Rasi santun.
|
D.
|
Pangeran
Seta bersifat dermawan, sedangkan Pangeran Rasi serakah.
|
Q.65)
|
Alkisah,
ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang
ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya
laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan
Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya
lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil,
Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan
mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi
pemuda yang baik dan santun budi pekertinya. Kemarau terus melanda Kerajaan
Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya hujan. Kerajaan Linggar
kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar terkena hukuman karena
keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang menebang pohon di hutan
Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh
rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar itu.
Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan ratu. (Dikutip dari Cermat
Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai) Amanat yang dapat kita petik dari
cerita tersebut adalah …
|
A.
|
Kita
tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
|
B.
|
Kita
tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
|
C.
|
Kesabaran
dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
|
D.
|
Kita
harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
|
Q.66)
|
Alkisah,
ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang
ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya
laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan
Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya
lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil,
Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan
mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi
pemuda yang baik dan santun budi pekertinya. Kemarau terus melanda Kerajaan
Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya hujan. Kerajaan Linggar
kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar terkena hukuman karena
keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang menebang pohon di hutan
Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh
rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar itu.
Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan ratu. (Dikutip dari Cermat
Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai) Kata 'menebang' berasal dari kata
.............
|
A.
|
nebang
|
B.
|
tebang
|
C.
|
metebang
|
D.
|
tebangan
|
Q.67)
|
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul
sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari
ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya
sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang
penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu
membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI
SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain
sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba
yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak
tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat.
Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah
mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja
diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang
sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya
kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa
menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya
bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Bagaimana cara
Sony meraih berbagai prestasi?
|
A.
|
Sony
mewarisi kemahiran menulis dari ayahnya.
|
B.
|
Sony
terus-menerus menulis tanpa mengenal waktu.
|
C.
|
Sony
meminta dorongan semangat dari keluarganya.
|
D.
|
Sony
berkemauan kuat dan tekun menulis.
|
Q.68)
|
Penggunaan
ungkapan keras kepala pada kalimat di bawah ini yang tepat adalah ...
|
A.
|
Anak
yang datang itu memang keras kepalanya
|
B.
|
Dasar
anak keras kepala, sulit diatur.
|
C.
|
Si
jagoan itu merasa keras kepala.
|
D.
|
Anak
yang baik itu memang keras kepala
|
Q.69)
|
Mengingat
acara tesebut sangat penting, kami harap Bapak/Ibu datang tepat pada
waktunya. Isi penggalan surat undangan tersebut tepat untuk acara
...
|
A.
|
adat
|
B.
|
syukuran
|
C.
|
rapat
|
D.
|
khitanan
|
Q.70)
|
Hai,
Lekaslah ke mari. Tanda baca yang paling tepat digunakan pada akhir
kalimat tersebut adalah ...
|
||||
A.
|
tanya
|
||||
B.
|
titik
|
||||
C.
|
seru
|
||||
D.
|
titik
koma
|
||||
Q.71)
|
Adi :
“Apa saja kegiatan tutup tahun ini kawan-kawan?”
Didi : “Biasa
Di, perpisahan dengan kakak kelas VI.”
Yus :
“Ya, tapi kita dapat usulkan yang lain.”
Ani :
Hai ini tidak dapat dibicarakan sekilas, kalau mau terima usulku adakan
rapat.”
Percakapan
tersebut menunjukkan bahwa Ani anak yang cermat dan ....
|
A.
|
semuanya
|
B.
|
tangguh
|
C.
|
tanggungjawab
|
D.
|
laksana
|
Q.72)
|
Beberapa
orang dari buruh Pak Basir bertugas mengandangkan sapi. Makna kata
berecetak miring pada, kalimat tersebut adalah ...
|
A.
|
memasukkan
|
B.
|
membuat
|
C.
|
menggiring
|
D.
|
menyimpan
|
Q.73)
|
Sekitar
tahun 6000 masehi, di pulau sumatra terdapat kerajaan...
|
A.
|
sriwijaya
|
B.
|
majapahit
|
C.
|
samudra
pasai
|
D.
|
Demak
|
Q.74)
|
Kerajaan
Tarumanegara berdiri pada tahun...
|
A.
|
1971
|
B.
|
680
SM
|
C.
|
450 M
|
D.
|
420
SM
|
Q.75)
|
Kerajaan
Islam pertama di Indonesia
|
A.
|
kerajaan
Aceh
|
B.
|
Kerjaan
Demak
|
C.
|
Kerjaan
Majapahit
|
D.
|
kerajaan
Samudra Pasai
|
Q.76)
|
Candi
di bawah adalah peninggalan dari kerajaan...
|
A.
|
Budha
|
B.
|
Kristen
|
C.
|
Hindu
|
D.
|
Islam
|
Q.77)
|
Yang
termasuk distribusi tidak langsung adalah ...
|
A.
|
tukang
nasi goreng
|
B.
|
toko
sepatu bata
|
C.
|
pedagang
|
D.
|
Kantin
|
Q.78)
|
Tukang
nasi goreng adalah salah satu contoh distribusi
|
A.
|
langsung
|
B.
|
tidak
langsung
|
C.
|
semi
langsung
|
D.
|
semi
tidak langsung
|
Q.79)
|
Barang
dan Jasa yang dikonsumsi dapat digolongkan menjadi 3. Contoh yang benar
dibawah ini adalah barang yang habis satu kali pakai adalah ...
|
A.
|
makanan,
minuman
|
B.
|
minuman
|
C.
|
makanan
|
D.
|
pakaian,
sabun mandi
|
Q.80)
|
Aspek
positif perilaku konsumtif dibawah ini adalah
|
A.
|
mengurangi
kesempatan menabung
|
B.
|
menambah
lapangan kerja
|
C.
|
hidup
boros
|
D.
|
berprilaku
konsumtif
|
Q.81)
|
Tahun
1945 nagasaki di bom oleh sekutu pada tanggal
|
A.
|
7
Maret 1945
|
B.
|
16
Juni 1945
|
C.
|
21
April 1945
|
D.
|
9
Agustus 1945
|
Q.82)
|
Hasil
kerja panitia sembilan adalah
|
A.
|
sembilan
emas jakarta
|
B.
|
soekarno
ketua PPKI
|
C.
|
piagam
jakarta
|
D.
|
Indonesia
menang dari penjajah
|
Q.83)
|
Para
perumus Pancasila dalam bermusyawarah sangat menghargai perbedaan pendapat.
Mereka menjunjung tinggi . . . .
|
A.
|
egoisme
|
B.
|
kesukuan
|
C.
|
toleransi
|
D.
|
kerja
keras
|
Q.84)
|
Salah
satu nilai juang yang dapat diteladani dari para perumus Pancasila adalah
musyawarah. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?
|
A.
|
Menghargai
pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat sendiri.
|
B.
|
Pembahasan
bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk menyelesaikan masalah.
|
C.
|
Meninggalkan
pendapat sendiri demi mengharapkan pujian dari orang yang berbeda pendapat.
|
D.
|
Berjuang
sekuat tenaga untuk memenangkan pendapat yang diyakini kebenarannya.
|
Q.85)
|
Hak,
wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur pemerintahannya sendiri sesuai
dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku disebut . . . .
|
A.
|
pemerintahan
otoriter
|
B.
|
pemerintah
daerah
|
C.
|
otoritas
daerah
|
D.
|
otonomi
daerah
|
Q.86)
|
DPR
bekerja sama dengan presiden untuk menyusun undang-undang. Menyusun
undang-undang merupakan perwujudan dari fungsi . . . .
|
A.
|
yudikasi
|
B.
|
anggaran
|
C.
|
legislasi
|
D.
|
eksekusi
|
Q.87)
|
Apa
yang dimaksud dengan amendemen?
|
A.
|
Perubahan
undang-undang atau penambahan terhadapnya.
|
B.
|
Pembatalan
undang-undang.
|
C.
|
Pemberlakuan
kembali undang-undang.
|
D.
|
Pembubaran
anggota parlemen yang sedang menyusun undang-undang.
|
Q.88)
|
Salah
satu lembaga tinggi negara yang anggotanya dipilih oleh rakyat lewat
Pemilihan Umum adalah . . . .
|
A.
|
Dewan
Perwakilan Rakyat Daerah
|
B.
|
Mahkamah
Agung
|
C.
|
Mahkamah
Konstitusi
|
D.
|
Badan
Pemeriksa Keuangan
|
Q.89)
|
Dalam
menjalankan tugasnya, presiden dibantu oleh wakil presiden dan para menteri.
Siapakah yang menentukan dan memilih para menteri?
|
A.
|
Rakyat
|
B.
|
MPR.
|
C.
|
DPR.
|
D.
|
Presiden.
|
Q.90)
|
Lembaga
negara yang bertugas memeriksa pengelolaan keuangan negara adalah . . .
.
|
A.
|
Dewan
Pertimbangan Agung
|
B.
|
Badan
Audit Nasional
|
C.
|
Badan
Pemeriksa Keuangan
|
D.
|
Mahkamah
Agung
|
Q.91)
|
Bagaimana
bunyi butir pertama dasar negara dalam Piagam Jakarta sebelum diubah?
|
A.
|
Persatuan
Indonesia
|
B.
|
Ketuhanan
Yang Maha Esa.
|
C.
|
Ketuhanan
dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
|
D.
|
Kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
|
Q.92)
|
Mengapa
butir pertama dalam Piagam Jakarta diubah?
|
A.
|
Demi
menuruti keinginan Ketua BPUPKI.
|
B.
|
Demi
memenuhi keinginan Mohammad Hatta.
|
C.
|
Demi
menjaga hubungan baik dengan pemerintah Jepang.
|
D.
|
Demi
menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang baru saja dirintis.
|
Q.93)
|
Berikut
ini yang termasuk cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan yaitu
. . . .
|
A.
|
rhizoma
|
B.
|
geragih
|
C.
|
stolon
|
D.
|
mengenten
|
Q.94)
|
Kutub
magnet yang senama apabila didekatkan akan . . . .
|
A.
|
tarik
- menarik
|
B.
|
tolak
- menolak
|
C.
|
berhimpitan
|
D.
|
tetap
|
Q.95)
|
Ali,
Amir dan Adi mempunyai tali yang masing - masing panjangnya adalah 90
dm,
6,5 m dan 750 cm. Panjang tali ketiga anak tersebut adalah . . . . |
A.
|
21 m
|
B.
|
22 m
|
C.
|
23 m
|
D.
|
24 m
|
Q.96)
|
580 -
n = 108 + 460 n = . . . .
|
|||||||||
A.
|
8
|
|||||||||
B.
|
12
|
|||||||||
C.
|
18
|
|||||||||
D.
|
22
|
|||||||||
Q.97)
|
n
adalah . . . .
|
|||||||||
A.
|
13
|
|||||||||
B.
|
23
|
|||||||||
C.
|
27
|
|||||||||
D.
|
37
|
|||||||||
Q.98)
|
Luas
segitiga 60 cm2 , dan tingginya 24 cm. Alas segitiga adalah . . . .
|
|||||||||
A.
|
4 cm
|
B.
|
5 cm
|
C.
|
6 cm
|
D.
|
8 cm
|
Q.99)
|
Himpunan
bilangan cacah yang merupakan kelipatan 6 , antara 18 dan 60 adalah . . . .
|
A.
|
{ 24,
30, 36, 42, 48, 54 }
|
B.
|
{ 16,
24, 30, 36, 42, 48, 54, 60 }
|
C.
|
{ 24,
30, 36, 48, 54 }
|
D.
|
{ 24,
30, 42, 48, 54 }
|
Q.100)
|
152 +
52 = n. n adalah . . . .
|
A.
|
225
|
B.
|
250
|
C.
|
325
|
D.
|
400
|